- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
NutrisiDEBM Menurut Ahli Gizi

DEBM Menurut Ahli Gizi

Diet Enak Bahagia Menyenangkan atau DEBM, pasti kalian sudah familiar bukan? karena resep makanannya ramai diperbincangkan dan viral di media sosial seperti facebook, tiktok, dan instagram.

Menurut bahasa, diet artinya pola makan. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia, diet memiliki arti aturan makan khusus untuk kesehatan. Sedangkan dalam bahasa inggris diet bisa diartikan makanan.

Diet itu bukan menurutkan berat badan, jadi jangan salah kaprah mengartikan diet ya meskipun selama ini sering diartikan demikian. Diet harus disebutkan lengkap, jika diet untuk menurunkan berat badan seharusnya disebutkan lengkap, misal diet menurutkan berat badan.

Para ahli gizi menggolongkan diet menurut penyakit, seperti diet kolesterol artinya pola makan untuk penderita kolesterol berlebih, diet hipertensi artinya pola makan untuk penderita hipertensi. Diet harus disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang.

Jadi, diet pada dasarnya adalah pola makan yang cara dan jenis makanannya diatur dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga berat badan yang terkontrol. Semua orang tidak bisa menjalankan diet yang sama, karena kondisi tubuh yang berbeda.

Para ahli gizi menggunakan istilah diet untuk tujuan tersebut ya. Jadi sah-sah saja ya, jika orang menggunakan istilah diet untuk apapun seperti diet enak bahagia menyenangkan. Yang terpenting tidak boleh mengklaim diet tertentu namun tidak sesuai kaidah gizi.

Lalu bagaimana pandangan ahli gizi terhadap DEBM yang viral itu? Mungkin banyak sobat gizi yang merujuk / menggunakan resep DEBM untuk makan atau nyemil sehari-hari.

Setelah menyelami postingan resep DEBM di akun instagram @resep_inspirasi_debm dan fanpage facebook resmi Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan. Berikut beberapa ulasan tentang DEBM.

Diet ini tinggi kolesterol dan lemak jenuh

Postingan inspirasi resep diet DEBM yang viral yaitu makanan olahan berbagai macam jeroan dan telur. Jenis makanan ini memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa berakibat ke level kolesterol dan perlemakan hati.

Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan protein hewani dalam jangka panjang bisa berefek negatif pada tubuh kita, bahkan juga mendatangkan risiko kesehatan, seperti kolesterol tinggi, batu empedu, dan penyakit jantung. Diet ini yang membuat kurang sustain.

Terlebih lagi apa bila memang sudah punya riwayat kolesterol tingi, penyakit jantung, alergi makanan tertentu (contoh: alergi telur atau seafood), dan kondisi kesehatan lainnya yang membuat tubuh sensitif terhadap makanan yang termasuk dalam diet DEBM. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter/ahli gizi sebelum memutuskan untuk coba diet ini.

Rendah karbohidrat tapi tinggi protein dan lemak

Previous articleHello world!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme